Kamis, 19 November 2015

Praktikum Penggunaan Masking

Praktikum Penggunaan Masking Untuk Pembuatan Bendera Berkibar, Bluefish, dan Globe


1. Tujuan

Untuk mengetahui fungsi fitur baru yang ada Flash yaitu mask yang dapat digunakan untuk menututup bagian tertentu dan ingin menampilkan bagian tertentu yang ingin dilihat.

2. Alat
Macromedia Flash

3. Bahan
Gambar peta yang digunakan untuk animasi globe

4. Dasar Teori
Salah satu fitur yang ada pada flash adalah mask. Pada praktikum kali ini diperkenalkan dengan fitur baru ini dengan langsung mencoba beberapa pengembangan dari masking itu sendiri.
Penegrtian animasi masking adalah animasi yang pada intinya menampilkan objek yang semula kita sembunyikan. animasi masking memiliki 2 variasi yaitu :
a. Area masking yang bergerak sedangkan objek diam
b. Area maksing yang diam dan objek yang di mask juga bergerak.
kedua variasi atau metode ini dapat digunakan untuk berbagai variasi pengembangan animasi masking.
Kedua variasi ini akan menampilkan hasil yang berbeda.

5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi bendera berkibar, tulisan logo bluefish dan globe berputar

6. Petunjuk Praktikum

Membuat animasi masking bendera berkibar
1. Buka macromedia flash
2. Objek berupa bendera merah putih pada stage
3. Tambahkan objek tiang
4. Pastikan bendera yang dibuat cukup panjang
5. Buat layer baru untuk menjadi objek maskingnya  berupa kotak persegi seukuran dengan satu gelombang sinusoida pada bendera
6. Klik kanan pada layer tersebut, pilih mask
7. Insert frame pada frame ke 20 pada masing-masing layer
8. Untuk layer bendera, pada frame ke 21 insert keyframe
9. Masih di layer bendera, untuk frame pertama bendera berada di sisi paling kiri, sedangkan pada frame ke 21 berada di sisi paling kanan
10. Klik motion tween
11. cek hasil dengan tekan ctrl + enter
12. animasi masking bendera telah siap

Membuat animasi bluefish
1. Buat teks bertuliskan bluefish
2. buat layer baru yang berisi duplikat symbol flag kemudian ubah warnanya menjadi biru keunguan
3. insert keyframe ke 21 pada layer mask
4. Pada frame pertama berada disisi paling kiri, di frame ke-21 berada disebelah aknan atas dengan teteap muntupi seluruh tulisan bluefish
5. Buat layer baru bertuliskan bluefish, letakkan pada paling bawah
6. Layer pertama yang bertuliska bluefish, klik kanan mask
7. Animasi masking sudah dapat dijalankan

membuat animasi globe berputar
1. Cari gambar referensi peta dunia
2. Buat layer baru berupa objek lingkaran
3. insert frame ke 20 untuk layer berisi lingkaran
4. Insert keyframe ke 20 pada layer peta
5. Pada layer peta dunia, di frame pertama letakkan pada sisi paling kiri. frame ke 20 berada disisi paling kanan
6. Klik kanan, pilih insert motion tween
7. Buat layer baru berisi lingkarang yang sama persis letakkan dipaling bawah
6. Kemudian movieclip
7. Pada window properties, clour klik alpha, atur transparasi warna
8. Buat layer baru berisi peta dunia
9. Movieclip peta dunia yang kedua atur alpha seperti langkah 7
10. Lakukan langkah 5 dengan syarat kebalikan arah (dari kanan ke kiri)
11. Buat layer baru kembali berisi lingkaran yang sama persis dengan lingkaran pertama
12. Klik kanan pada layer yang berisi lingkaran kemudian pilih mask (kecuali layer lingkaran yang berada di plaing bawah)
13. Hasil sudah dapat dilihat dengan menekan ctrl + enter

7. Hasil Praktikum






8. Kesimpulan
Dengan menggunakan animasi masking dapat memperkaya kita dalma pengembangan kemampuan animasi. Selain itu kita menjadi tahu bahwa animasi yang pembuatannya sederhana dapat terlihat menarik.

9. Referensi
Kuliah Teori animasi 2D
Pembelajaran mata pelajaran animasi semester 1 kelas 2 SMK
http://sinauflash.blogspot.co.id/2009/01/animasi-masking.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar