1. Tujuan
Memperhalus walk cycle menggunakan konsep Arcs
2. Bahan
Sebuah walk cycle yang memiliki kriteria berikut:
1. Pose lengkap (contact, down, passing, up)
2. Timing tepat ( 8 frame atau 16 frame )
3. Inbetween antar pose (seluruh frame terisi keyframe)
1. Pose lengkap (contact, down, passing, up)
2. Timing tepat ( 8 frame atau 16 frame )
3. Inbetween antar pose (seluruh frame terisi keyframe)
3. Alat
Adobe Flash Professional CS5.5
4. Dasar Teori
Apabila ingin membuat pergerakan animasi lebih halus selain melihat tiga konsep seperti pada praktikum sebelumnya (Pose, Timing, dan Inbetween) terdapat satu lagi yaitu dengan memeprhatikan Arcs. Arcs yang dimaksud adalah garis lengkungan lintasan pergerakan. Untuk gerakan walk cycle, arcs yang muncul lebih dari satu macam. Arcs yang perlu diperhatikan pada walk cycle adalah arcs dari titik penting sebuah stickman. Ada banyak titik penting yang perlu di-cek arcs-nya. Selain pinggul, salah satunya adalah titik tumit. Berikut adalah contoh cara mengecek arcs yang dihasilkan dari pergerakan tumit.
Cara mengecek arcs bisa dimulai dengan menandai titik pentingnya. Pada video diatas, titik tumit ditandai dengan titik warna hijau. Setelah seluruh titik tumit pada seluruh frame ditandai, maka kita akan dapat kumpulan titik sebagai berikut
jika titik-titik hijau tersebut dihubungkan, maka akan bisa dievaluasi apakah animasinya sudah halus atau belum. jika garis yang dihasilkan tidak berbentuk kurva mulus, maka animasinya termasuk kurang halus.
berikut adalah contoh titik-titik yang menghasilkan arcs yang kurang mulus. perhatikan pada daerah yang dilingkari biru. jika daerah ini dibetulkan, yaitu dengan menggeser posisi tumit pada keyframe tersebut, maka akan diperoleh hasil animasi yang lebih halus.
berikut adalah contoh titik-titik yang menghasilkan arcs yang kurang mulus. perhatikan pada daerah yang dilingkari biru. jika daerah ini dibetulkan, yaitu dengan menggeser posisi tumit pada keyframe tersebut, maka akan diperoleh hasil animasi yang lebih halus.
5. Tugas Praktikum
Perbaiki arcs pada titik:
1. pinggul
2. tumit
1. pinggul
2. tumit
6. Hasil Praktikum
7. Kesimpulan Praktikum
Jika memperhatikan konsep dasar sederhana dalam animasi, pergerakan setiap objek atau gambar yang berjalan akan terlihat lebih natural dan menarik. Hal ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk membuat animasi yang lain.
8. Referensi
www.mohhasbias.com
Teori mata kuliah Animasi 2D
http://galleryhip.com/stick-figure-walking-cycle.html
Teori mata kuliah Animasi 2D
http://galleryhip.com/stick-figure-walking-cycle.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar