1. Tujuan
Mengetahui nama dan fungsi masing-masing window yang terdapat pada tampilan awal
2. Dasar Teori
Animasi merupakan salah satu cabang multimedia yang digemari karena pada dasarnya pembuatan animasi sangat menyenangkan. Mulai dari menggambar, memberikan warna dan menggerakkan. Proses pembuatannya juga memerlukan software tertentu yang dapat digunakan animasi slaah satunya adalah Adobe Flash. Disini saya menggunakan adobe flash cs 5.5. Sebelumnya sekilas tentang Flash adalah sebagai berikut. Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyaifile extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrogramman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
3. Tugas Praktikum
Penjelasan dari gambar
diatas adalah sebgaia berikut :
1.
Untitled
Merupakan
nama file atau lembar kerja yang sedang kita kerjakan. Nama ini dapat diubah
ketika akan menyimpan hasil kerja. Dan setelah menyimpan hasil kerja, secara
otomatis nama tersebut akan berubah.
2.
Workspace
Digunakan
untuk mengatur tampilan jendela-jendela yang ditampilkan pada lembar kerja. Disini
kita juga dapat memilih beberapa jenis yang sudah tersedia untuk mengatur
tampilan yang uncul pada lembar kerja.
3.
Tiga ikon ini masing-masing berfungsi
sebagai
Scene
: digunakan untuk kembali ke
scene (lembar kerja pertama yang kita kerjakan)
Symbol : digunakan untuk menampilkan objek
di stage secara lebih besar untuk melakukan pengeditan terhadap objek atau
gambar
Zoom option : digunakan untuk mengatur seberapa besar
tampilan stage yang kita inginkan
4.
Properties
Panel
Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang
sedang diaktifkan. Misalnya Kita sedang mengaktifkan Line tool, maka yang
muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis
seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.
Library
Panel
Library mempunyai fungsi sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam
animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol
(button), sound, dan gambar statis (graphic).
5.
Stage
Merupakan
area kerja yang kita gunakan dalam proses pembuatan animasi yang biasa disebut
layar atau panggung. Disini kita dapat membuat objek, text atau karakter ng
ingin dianimasikan.
6.
Panel yang berisi
Colors : digunakan untuk memberikan warna
pada objek maupun teks (bisa diatur untuk membuat gradasi warna)
Swatches : digunakan untuk memebrikan warna pada
objek maupun teks (hanya bisa dengan satu warna dan radial gradient) *radial
gradient menggunakan warna yang sudah tersedia, tidak dapat diatur sesuai
keinginan
Align : digunakan untuk mengatur format
teks
Info : digunakan untuk mencari
informasi terkait detail objek terpilih seperti posisi, ketinggian, lebar,
maupun detail warna
Transform : digunakan untuk editing secara presisi
karena melibatkan ukuran
Code snippets : digunakan untuk memberikan efek
Components : diguanakan untuk memebrikan perintah berupa
tombol, slider, dll
Motion Preset
: digunakan untuk memebrikan efek transisi
7.
Fungsi
Document Properties adalah untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna
background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat. Untuk
memanggil kotak dialog Document Properties, pilih jendela Properties di bawah
layar, kemudian pilih tombol Size
8.
Toolbar
Toolbar merupakan panel berisi berbagai macam
tool. Tool-tool tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok :
a.
Tools : berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar
b.
View : untuk mengatur tampilan lembar kerja
c.
Colors : menentukan warna yang dipakai saat
mengedit
d.
Option : alat bantu lain untuk mengedit gambar
9.
Timeline dan Layer
Timeline atau garis waktu merupakan komponen
yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri
dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek
dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari
frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang
frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
5. Kesimpulan
Mengetahui lebih dalam tentang adobe flash karena sbelumnya terbiasa dengan menggunakan macromedia flash. setelah praktikum ini, ternayta terdapat ebberapa perbedaan.
6. Referensi
https://namiraputri.wordpress.com/2011/04/03/flash-cs3-professional/
https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash
Tidak ada komentar:
Posting Komentar