Kamis, 03 September 2015

Praktikum 1 - Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional CS 5.5

1. Tujuan
Mengetahui nama dan fungsi masing-masing window yang terdapat pada tampilan awal

2. Dasar Teori
Animasi merupakan salah satu cabang multimedia yang digemari karena pada dasarnya pembuatan animasi sangat menyenangkan. Mulai dari menggambar, memberikan warna dan menggerakkan. Proses pembuatannya juga memerlukan software tertentu yang dapat digunakan animasi slaah satunya adalah Adobe Flash. Disini saya menggunakan adobe flash cs 5.5. Sebelumnya sekilas tentang Flash adalah sebagai berikut. Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyaifile extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrogramman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

3. Tugas Praktikum
Identifikasi masing-masing bagian user interface berikut
adobe-flash-cs5.5
Tampilan Adobe Flash Professional CS5.5
4. Hasil Praktikum

Penjelasan dari gambar diatas adalah sebgaia berikut :
1.      Untitled
Merupakan nama file atau lembar kerja yang sedang kita kerjakan. Nama ini dapat diubah ketika akan menyimpan hasil kerja. Dan setelah menyimpan hasil kerja, secara otomatis nama tersebut akan berubah.
2.      Workspace
Digunakan untuk mengatur tampilan jendela-jendela yang ditampilkan pada lembar kerja. Disini kita juga dapat memilih beberapa jenis yang sudah tersedia untuk mengatur tampilan yang uncul pada lembar kerja.
3.      Tiga ikon ini masing-masing berfungsi sebagai
Scene              : digunakan untuk kembali ke scene (lembar kerja pertama yang kita kerjakan)
Symbol           : digunakan untuk menampilkan objek di stage secara lebih besar untuk melakukan pengeditan terhadap objek atau gambar
Zoom option   : digunakan untuk mengatur seberapa besar tampilan stage yang kita inginkan
4.      Properties
Panel Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang diaktifkan. Misalnya Kita sedang mengaktifkan Line tool, maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.

Library
Panel Library mempunyai fungsi sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic).

5.      Stage
Merupakan area kerja yang kita gunakan dalam proses pembuatan animasi yang biasa disebut layar atau panggung. Disini kita dapat membuat objek, text atau karakter ng ingin dianimasikan.
6.      Panel yang berisi
Colors             : digunakan untuk memberikan warna pada objek maupun teks (bisa diatur untuk membuat gradasi warna)
Swatches        : digunakan untuk memebrikan warna pada objek maupun teks (hanya bisa dengan satu warna dan radial gradient) *radial gradient menggunakan warna yang sudah tersedia, tidak dapat diatur sesuai keinginan
Align               : digunakan untuk mengatur format teks
Info                 : digunakan untuk mencari informasi terkait detail objek terpilih seperti posisi, ketinggian, lebar, maupun detail warna
Transform     : digunakan untuk editing secara presisi karena melibatkan ukuran
Code snippets            : digunakan untuk memberikan efek
Components   : diguanakan untuk memebrikan perintah berupa tombol, slider, dll
Motion Preset : digunakan untuk memebrikan efek transisi
7.      Fungsi Document Properties adalah untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat. Untuk memanggil kotak dialog Document Properties, pilih jendela Properties di bawah layar, kemudian pilih tombol Size
8.      Toolbar
Toolbar merupakan panel berisi berbagai macam tool. Tool-tool tersebut dikelompokkan menjadi empat kelompok :
a.      Tools         : berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar
b.      View         : untuk mengatur tampilan lembar kerja
c.       Colors        : menentukan warna yang dipakai saat mengedit
d.      Option       : alat bantu lain untuk mengedit gambar
9.      Timeline dan Layer
Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.

5. Kesimpulan
Mengetahui lebih dalam tentang adobe flash karena sbelumnya terbiasa dengan menggunakan macromedia flash. setelah praktikum ini, ternayta terdapat ebberapa perbedaan.

6. Referensi
https://namiraputri.wordpress.com/2011/04/03/flash-cs3-professional/
https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash

Tidak ada komentar:

Posting Komentar