Kamis, 10 Maret 2016

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya, namun disini saya menambahkan bahan berupa aplet warna dari logo McD yang digunakan untuk proses pemberian warna material.

4. Dasar Teori

Perbedaan Antara Motion Guide Pada Flash Dengan Camera Path
Motion guide yang ada pada flash biasanya digunakan untuk membuat animasi yang mengikuti sebuah lintasan tertentu. Disini yang bergerak adalah objeknya. Sedangkan pada camera path yang digunakna pada cinema4D yang bergerak merupakan arah penglihatan terhadap objek dari sisi depan kamera.

Perbedaan Antara Physical Sky dan Area Light
Physical Sky adalah proses pemberian warna pada backgrund. Tetapi yang membedakan pada background pada umumnya adalah, pada physical sky kita memberikan warna sebagai background berdasarkan waktu yang dapat kita setting (sesuai dengan praktikum kali ini).
Area light merupakan proses pemberian cahaya terhadap objek. Jika dapat diibaratkan. Area light merupakan matahari sedangkan physical sky adalah langit sehinggan objek yang kita buat dapat terlihat karena adanya bantuan area light.

Material dan Contoh Penggunaannya
Proses pemberian warna, tekstur, dan pengaturan lain seperti specular diffuser dll dengan menggunakan tools material.
Berikut merupakan contoh dalam penggunaannya.



5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
  1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.


2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky


3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light


4. Menambahkan Material


7. Hasil Praktikum

Pergerakan camera menggunakan Camera Path


Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky


Menambahkan Lighting menggunakan Area Light









Menambahkan Material



8. Kesimpulan

Sebelum saya melanjutkan ke praktikum ledua ini, saya sedikit melakukan revisi pada bagian animasi rotate. Hal ini dikarenakan pada praktikum sebelumnya rotate yang saya berikan terhdap objek seidkit menambahkan variasi, sehingga untuk keprluan praktikum kedua ini saya melakukan rotate sesuai ketentuan praktikum pertama sehingga objek berputar 360. Pada praktikum kedua ini saya merasa sedikit kesulitan pada saat mengarahkan area light sehingga mungkin disini sedikit ada perbedaan dari petunjuk yang diberikan. Akan tetapi ketika hasil render sudah jadi, yang saya amati perbedaan pada area light tidak begitu mencolok. 



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar