1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
Polygon Modeling merupakan modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang).
Subdivision Surface teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.
“Smooth Shift” berfungsi untuk membuat seleksi lebih halus dengan menambahkan nilai piksel yang lebih besar pada daerah yang bergerigi.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
Target Aset yang akan dibuat
Membuat bentuk polygon dasar
Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface
Hasil perbaikan praktikum sebelumnya
Polygon dasar
Subdivision Surface
Pada praktikum ini masih mengalami kesulitan ketika menyeleksi bagian. Disini tidak bisa menggunakan keyboard shotcut sehingga mencari tool button manual. Selain itu, size telah diganti namun masih tidak berubah sehingga hasil kurang terlihat menyudut atau terlalu kaku (menyiku). Memerlukan waktu untuk membenahi kembali.
Perbaikan dari hasil praktikum sebelumnya, disini menemukan kesulitan karena terdapat penambahan garis yang tidak diinginkan sehingga menyebabkan hasil yang tidak sesuai dengan tutorial. Perbaikan saya lakukan dengan bantuan teman yang mengarahkan untuk menggunakan Dissolve agar dapat melebur dua bidang menjadi satu, sehingga bidang yang tidak diinginkan menjadi hilang. Jika menggunakan delete, maka hasil akan terdapat lubang. Selain itu untuk memperbaiki garis miring yang kurang sesuai, saya menggunakan ppoint dan egdes sehingga saya rasa hasil sudah mulai sedikit sesuai dengan contoh tutorial emksipun masih terdapat sedikit yang kurang sesuai dibagian bawah.
Perbaikan dari hasil praktikum sebelumnya, disini menemukan kesulitan karena terdapat penambahan garis yang tidak diinginkan sehingga menyebabkan hasil yang tidak sesuai dengan tutorial. Perbaikan saya lakukan dengan bantuan teman yang mengarahkan untuk menggunakan Dissolve agar dapat melebur dua bidang menjadi satu, sehingga bidang yang tidak diinginkan menjadi hilang. Jika menggunakan delete, maka hasil akan terdapat lubang. Selain itu untuk memperbaiki garis miring yang kurang sesuai, saya menggunakan ppoint dan egdes sehingga saya rasa hasil sudah mulai sedikit sesuai dengan contoh tutorial emksipun masih terdapat sedikit yang kurang sesuai dibagian bawah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar