Kamis, 21 April 2016

Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion

Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion


1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion


2. Alat
Cinema 4D r16


3. Bahan
hasil praktikum sbeelumnya yang berupa teks


4. Dasar Teori
Bump map adalah sebuah tekstur kasar pada permukaan. MAksud dari tekstur kasar disini adalah dengan penambahan bump mapping, akan tercipta sebuah efek pencahayaan dimana permukaan dari obyek tersebut yang sebelumnya mulus, akan menjadi seakan-akan tampak bergelombang dan berlekuk-lekuk.



       Tanpa bump mapping       Menggunakan bump mapping
sumber : bp.blogspot

Fungsi channel colour digunakna untuk pemberian warna inti dan ebberapa efek yanga kan dijadikan sebagai inti. Dalam artian inti disini adalah paten dimana akan diterapkan pada penaturan channel yang lain.
Fungsi channel reflectance digunakan untuk membuat sebuah refleksi sehingga material yang diterapkan tidak terlalu kaku
Fungsi Luminance adalah untuk mengatur intensitas cahaya dalam setiap bagian-bagian kecil. Dalam praktikum ini dapat dilihat dari berkurangnya shadow.
Fungsi tekstur circle sedniri adalah untuk mengatur bentuk efek didalam tekstur itu sendiri. karena lampu stadion yang akan diterapkan pada praktikum ini adalah berbentuk lingkaran kecil-kecil, jadi disini menggunakan circle


5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan


6. Petunjuk Praktikum
Membuat material mirip lampu stadion




7. Hasil Praktikum

Hasil sesuai petunjuk praktikum


Hasil eksplorasi dengan mpenambahan efek glow


Video Hasil Akhir Praktikum




8. Kesimpulan
Praktikum ini saya lakukan sesuai dengan petunjuk praktikum. Awalnya tidak mendapat kesulitan. Tapi ketika hasil render yang pertama, hasil render tidak sama dengan hasil yang ditunjukkan pada petunjuk praktikum. Kemudian saya melakukan cek kembali karena saya merasa ada satu langkah pengaturan yang terlewati. Hanya membuka ulang pengaturan pada masing-masing channel, saya melewatkan pengaturan reflactance (legacy). Karena pada langkah ini tidak saya atur, jadi hasil render pertama sangat kaku dan bisa dibilang aneh. Kemudian saya lakukan render ulang dan hasilnya dapat dilihat pada gambar dan video.
Penambahan efek glow disini adalah hasil eksplorasi dari saya, karena saya berfikir bahwa lampu memilki pancaran cahaya. Menurut saya yang cocok untuk memvisualkan cahaya tersebut adalah glow. Dalam pengaturan glow, yang saya tekankan adalah innerglow dan mengurangi radius serta outterglow. Sehingga saya mendapatkan hasil yang lebih sesuai dengan visual dari lampu stadion. Yang perlu diigat disini juga bergantung pada selera masing-masing individu. Menurut saya denga penambahan efek glow adalah yang lebih sesuai.


9. Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper


Tidak ada komentar:

Posting Komentar