Kamis, 14 April 2016

Prak 07 – Membuat Aset Utama

Prak 07 – Membuat Aset Utama


1. Tujuan
Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D teks dan capsule.



2. Alat
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16



3. Bahan
tanpa bahan



4. Dasar Teori
Non-Uniform, Rational B-Spline adalah cara pemodelan permukaan secara parametrik yang umumnya digunakan dalam grafik komputer. NURBS bersifat bersifat lebih unversal dari bezier spline atau B-Spline karena selain bisa memodelkan sembarang pemrukaan juga geometri analitik seperti lingkaran, elipsis, bola dan lain-lain
Sweep pada C4D bekerja seperti extrude hanya saja texture mengikuti shape yang dimasukkan ke layer sweep tersebut
Bump map pada material setting adalah teknik grafis kompter untuk mensimulasikan bump (bejolan) dan wrinkles (kerutan) pada permukaan suatu benda




5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan




6. Petunjuk Praktikum

extrude teks kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep



NURBS membuat material yang bersifat Glossy






7. Hasil Praktikum

extrude teks kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep



NURBS membuat material yang bersifat Glossy








8. Kesimpulan
Awal praktikum ini sedikit kesulitan untuk import hasil dari adobe ilustrator ke cinema 4D. Tetapi dengan create outline ternyata denganmudah dapat di import di cinem 4D.
Pemilihan font dapat mempengaruhi dari hasil efek yang ditampilkan. Font yang saya pilih pada praktikum ini ternyata memerlukan pengaturan pad scale-nya dikarenakan ketika menggunakan sweep yang ditambahkan baik n-sides maupun rectangle, keduanya tidak terlalu nampak. Selain itu pengaturan material juga ada yang sedikit saya ubah pada glow nya. 





9. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar